Perjalanan Hemat Ke Cibodas Bogor

Jika Anda ingin tentu memperhitungkan anggaran hemat dan kepraktisan transportasi akan digunakan, dong sama dengan saya ketika saya memutuskan untuk bergabung dengan kelompok dan ibu dari KakNyanyu Eppy berkemah di taman Mandalawangi, Cibodas. Karena hanya pergi empat, kami memutuskan untuk naik angkutan umum saja.

Rencana ini kami akan mengambil: mengambil commuter line ke Stasiun Bogor, pergi ke Terminal Baranangsiang transportasi umum atau Ciawi, lanjut jurusan Cianjur bus, turun di persimpangan Cibodas, naik angkot ke depan lagi Mandalawangi Park.

Kedengarannya mudah kan? Ya … kenyataan?

Kami tiba pada pukul 7:15 di pagi Stasiun Bogor, setelah diskusi singkat, kami memutuskan untuk naik angkutan umum hanya untuk Terminal Baranangsiang. Dengan pertimbangan ketika naik dari terminal, kemungkinan kita bisa duduk di bus pasti lebih besar. Sesampainya di Baranangsiang, kami baru tahu bahwa tidak ada bus yang berangkat dari Cianjur jurusan Baranangsiang, satu-satunya pilihan adalah bobrok putih L300 mobil, yang kita harus mengikuti ngetem di dalamnya, dari 08:15 jam sampai jam 10:00. Satu jam 45 menit menunggu di mobil seluruh bangku dipenuhi penumpang.

Dan itu berarti setiap baris bangku penuh yang nyaman diisi 3-4 penumpang, dipaksa untuk mengisi 5 orang. Ha Ha! Jalan raya Tajur melalui kemacetan lalu lintas, Ciawi, dan Puncak, kami akhirnya tiba di persimpangan Cibodas jam 14:30 saja. Naik mobil biaya kain dan penuh sesak? £ 25,000 / orang, banyak dekat sama.

Dari persimpangan Cibodas, kami melanjutkan untuk naik angkutan umum berwarna kuning. Transportasi umum yang satu ini cukup menyenangkan, dengan tarif £ 5.000 / orang, kita sudah dikirim ke pintu depan Mandalawangi Park, dan sopir itu ga menunggu angkotnya terisi penuh di jalan.

Perjalanan pulang dari Cibodas hari berikutnya adalah ga kalah seru. Kami berempat menunggu putih L300 pertigaan Cipanas, karena melihat Cibodas banyak orang yang menunggu untuk transportasi publik yang sama. Kami sedikit lega akhirnya bisa naik angkutan umum yang meskipun penuh, tapi ga waktu keberangkatan se-marah-empetan. Namun, keberuntungan kami hanya berhenti. Telah berjalan sekitar 15 menit, mesin mati sendiri transportasi umum dalam kemacetan lalu lintas, dan tidak bisa distater lagi. Ngakalin mencoba konduktor angkutan umum dengan pemula langsung mesin di bawah jok depan. Gagal. Mesin baru akan nyala setelah mobil “mengguncang” dengan digelosorin mundur ke jalan.

Aku mulai gugup. Hauuuuuhhh ….
Dua atau tiga kali itu harus dinyalain mobil dengan sedikit metode goyang mundur, sampai pengemudi akhirnya menyerah dan memutuskan untuk berhenti di persimpangan Taman Bunga Nusantara menunggu jalur dibuka pada satu arah, biarkan mobil terus ga mati-mati mesin.

Itu hanya pukul 2 siang, jalan cara baru mungkin merasa dampaknya setelah 3 jam di mana kami berhenti. Tapi aku tidak bisa membantu, konduktor angkutan umum hanya ingin memberikan mobil pengganti transportasi umum hanya sampai puncak, setelah puncak, silakan mengurus dirinya sendiri. Kami berempat memilih untuk tetap menunggu di transportasi umum.

Sampai akhirnya menyerah dan menemukan alternatif transportasi penolong kita yang bisa membawa kami ke Bogor, Bandung jurusan bus-Merak bersedia mengangkut kami, tidak ada biaya tambahan, tetapi hanya sampai pintu tol Ciawi saja.

Saya masih pengennya Kota / Kabupaten. Bogor dan Cianjur mulai berpikir tentang peremajaan link transportasi antara kota-kota itu. L300 masih transportasi resmi angkutan umum publik yang memiliki operasi izin dari Kabupaten. Cianjur lhoo … Dalam tanda laik jalan kaca stiker departemen transportasi kabupaten. Cianjur masih berlaku. Ada yang layak tanda jalan stiker, tapi akan nyalainnya harus berayun ke belakang. Alamakjan!

Ya untungnya sih, kita semua memiliki berbagai pengalaman jenis cukup biasa transportasi di Indonesia. 1 jam Cipanas dan cara baru untuk Ciawi pas azan Maghrib, wisbiyasa … Menikmati hanya tertawa-ketiwi, ngometarin ini dan itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s